Selasa, 29 Juni 2010

PERKEMBANGAN ALAM PIKIRAN MANUSIA

Hubungan kehidupan manusia dengan alam dibedakan atas 2 tingkatan :

1. NaturalMan (Manusia Alam) adalah manusia yang masih sangat bergantung pada alam. Dia menganggap dirinya adalah bagian dari alam.
Natural Man erat kaitannya dengan alam karena hidupnya bergantung pada pemberian alam (Food Gathering).
Natural Man mayoritas bermata pencarian berburu untuk memperoleh daging dan meramu untuk memperoleh sayuran, kedua-duanya untuk kebutuhan hidupnya. Kebutuhan primernya juga masih bergantung pada alam.
Natural Man masih menganut sistem kepercayaan berupa Animisme, Dinamisme, atau Totemisme.

2. Cultural Man (Manusia Budaya) adalah manusia yang sudah menguasai alam. Dia menganggap dirinya sebagai raja duniaPada awalnya Cultural Man masih bergantung pada alam, seperti bercocok tanam dan memelihara ternak. Kemudian dilakukan atau diusahakan dengan cara menghasilkan apa yang dibutuhkan untuk hidupnya.
Cultural Man sudah lebih maju dibandingkan Natural Man. Mata pencarian Cultural Man menghasilkan atau menciptakan sesuatu yang bermanfaat untuk hidupnya maupun untuk orang lain. Seperti membuat baju, rumah, dll. Dalam soal kepecayaan Cultural Man sudah beragama yang sifatnya samawi.

Jadi, bisa bisa disimpulkan Cultural Man lebih maju dan modern dibandingkan dengan Natural Man baik dalam kaitannya dengan alam, mata pencarian, maupun kepercayaan.


Tentang Mitos

Di zaman sekarang maupun dahulu masih banyak orang yang percaya dengan mitos. Mitos dipercayai kebenarannya karena 3 faktor yaitu:

Pertama, karena keterbatasan manusia.
Kedua, karena keterbatasan manusia.
Ketiga, karena keingintahuan manusia buat sementara terpenuhi.


Pada zaman dahulu manusia memiliki cara - cara untuk memperoleh pengetahuan diantaranya:

a. Prasangka, berarti sangkaan sebelumnya.
b. Intuisi, adalah pandangan batiniah yang serta merta tembus mengenai suatu peristiwa atau kebenaran tanpa penuturan pikiran/ilham
c. Coba ralat (Trial dan Error) dengan mencoba-coba, walupun sering salah, orang sudah melakukan semacam experimen dalam metode ilmiah modern.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar